web analytics

Aplikasi Keuangan dan Akuntansi Untuk Mempermudah Membuat Laporan Pembukuan Keuangan Bisnis

Adanya Software Keuangan dan Akuntansi tentu saja untuk mempermudah anda dalam mencatata laporan keuangan. Bagi yang belum terbiasa membuat laporan keuangan sebelmunya,tentunya pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan yang sangat berat.

Software Keuangan

Untuk membuat laporan keuangan bagi bisnis atau usaha anda yang rapi dan jelas, anda harus mencatat setiap detil pengeluaran dan pendapatan yang ada pada usaha dan bisnis anda.

Masih banyak para pelaku bisnis pemula yang kesulitan dan merasa putus asa sehingga tidak melakukan pencatatan setiap transaksi yang terjadi.

Apapun Bisnisnya, Harus Jelas Laporan Keuangannya Click To Tweet

Para pelaku bisnis pemula masih banyak yang terlalu fokus hanya pada melakukan penjualan, membingungkan modal dan prospek bisnis.

Jadi jangan heran jika menjumpai para pengusaha yang omzetnya melejit tapi tidak tahu berapa keuntungan dan kerugian yang didapat. Kasus seperti ini biasanya dijumpai dikalangan pengusaha UMKM atau pelaku bisnis pemula yang belum mempunyai catatan pemasukan dan pengeluaran usaha.

Memilih Software Keuangan Yang Cocok :

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, membuat laporan keuangan bagi yang belum terbiasa akan menjadi pekerjaan yang sangat berat.

Untuk itu diperlukan solusi yang dapat meringankan pekerjaan para pengusaha UMKM, menggunakan software keuangan akuntansi adalah hal yang paling masuk akal.

Namun, software keuangan akuntansi yang bagaimana yang cocok untuk pengusaha UMKM atau pelaku bisnis pemula yang belum paham akuntansi?

Diluar sana banyak beredar software akuntansi dengan berbagai macam fitur dan kelebihan.

Tapi…

apakah itu semua cocok untuk pengusaha UMKM dan pebisnis pemula yang tidak paham istilah-istilah akuntansi?

Bisa jadi jika anda menggunakan software keuangan akuntansi yang anda sendiri belum tahu istilah-istilah di dalamnya. Anda hanya akan membuang-buang uang saja.

 

Berikut ini adalah kriteria dalam memilih software keuangan dan akuntansi yang cocok untuk usaha dan bisnis anda :

 

1. Tidak Memerlukan Tenaga Khusus

Banyak  usaha yang sudah memakai software keuangan dan akuntansi dengan fitur yang sanagat lengkap dan mahal tetapi malah tidak digunakan. Ini biasanya terjadi karena mereka terlalu sulit memahami istilah-istilah dan alur yang ada di dalam softwarenya.

Atau bisa jadi karena mereka ditinggal oleh tenaga khusus dibidang keuangan dan akuntansi, sehingga ketika tidak ada tenaga khusus tersebut maka software yang sudah dibeli mahal tidak terpakai.

Dalam memilih software keuangan dan akuntansi, poin pertama ini sangat penting.

Anda tidak akan bergantung hanya dengan satu atau dua orang saja, meskipun anda tidak punya tenaga ahli dalam bidang akuntansi dan keuangan, anda tetap bisa membuat laporan keuangan usaha sendiri.

 

2. Bisa Membuat Laporan Laba/Rugi Secara Otomatis

Posisi keuangan usaha harus selalu dikontrol dan diawasi supaya tetap sehat dan aman.

Salah satu cara untuk melihat keuangan usaha sehat atau tidak, adalah dengan melihat laporan laba rugi.

Masih banyak pengusaha UMKM yang kesusahan membuat laporan laba/rugi usahanya. Memang susah bagi yang belum terbiasa membuatnya, untuk itu carilah sotware yang bisa membuatkan laporan laba/rugi secara otomatis.

Dengan begitu anda sebagai pengusaha UMKM sudah tidak dipusingkan lagi dalam membuat laporan laba/rugi. Anda hanya perlu fokus mengembangkan usaha yang anda miliki sekarang.

 

3. Bisa Melihat Setiap Alur Keuangan dengan Detil

Keluar-masuknya uang dalam usaha itu sangat penting. Jika anda tidak tahu informasi detil tentang keluar-masuknya uang, bisa jadi usaha anda akan sulit berkembang dan rawan kebocoran.

Dalam keuangan dan akuntansi ada sebuah istilah yang disebut Buku Besar. Bukan berarti bukunya yang besar ya hehe..

Buku besar disini berisi tentang informasi mengenai detil alur keuangan anda.

Misalnya anda mempunyai rekening A.

Dengan adanya buku besar ini anda bisa tahu kemana saja uang yang keluar dari rekening A. Begitu juga sebaliknya anda bisa tahu dari mana saja uang yang masuk ke rekening A.

Tidak hanya alur kas/rekening saja, tapi semua harta dan aset anda bisa dimonitor dengan menggunakan buku besar tersebut.

 

4. Mempunyai Hak Akses Untuk Keamanan 

Hak akses membuat setiap orang tidak bisa secara tiba-tiba mengunakan software keungan dan akuntansi yang anda miliki.

Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menggunakannnya, atau lebih gampangnya hanya orang yang terdaftar pada software yang bisa login.

Membatasi orang yang bisa login pun masih belum cukup aman, bisa jadi orang yang bisa login / yang sudah terdaftar memainkan laporan keuangan usaha tanpa sepengetahuan anda.

Misal…

si A, tugasnya hanya mencatat pemasukkan menggunakan menu Transaksi Pendapatan.

Si B, tugasnya mencatat pengeluaran usaha menggunakan menu Transaksi Pengeluaran.

Nah, harusnya si A tidak bisa membuka menu Transaksi Pengeluaran yang dicatat oleh B. Karena jika si A bisa membuka Transaksi Pengeluaran, bisa jadi si A memainkan data pengeluarannya. Akhirnya anda sendiri sebagai pemilik usaha yang dirugikan.

Disinilah peran hak akses dapat lebih maksimal, setiap orang yang terdaftar (yang bisa login) harus dibatasi lagi hak aksesnya hanya untuk menu-menu tertentu saja.

 

5. Adanya Fitur Backup dan Restore Database

Sekali lagi, kesehatan usaha ditentukan juga oleh keuangan yang sehat. Jadi data keuangan akan menjadi hal yang sangat vital.

Data keuangan harus selalu dalam keadaan aman.

Menggunakan fitur backup database akan membantu mengamankan setiap transaksi yang sudah anda catat pada software keuangan dan akuntansi.

Backup data setiap hari/minggu/bulan akan menjadi satu-satunya solusi untuk mencegah kehilangan data.

Pastikan anda fitur ini ada dalam kriteria software akuntansi yang anda gunakan.

 

Nah…

Sekarang anda tidak perlu beranjak dari halaman ini, karena software akuntansi dan keuangan yang anda butuhkan sudah ada di halaman ini.

Anda bisa coba demo softwarenya secara GRATIS!.

BELI SEKARANG!

One thought on “Aplikasi Keuangan dan Akuntansi Untuk Mempermudah Membuat Laporan Pembukuan Keuangan Bisnis

  1. Pingback: Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Pembuatan Laporan Keuangan Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *