web analytics

Apa pun Bisnis Anda Harus Jelas Laporan Keuangannya

Salah satu pemicu kegagalan dalam berbisnis adalah kacaunya catatanĀ  keuangan. Kalau dalam tahun pertama Anda tidak bisa merapikan laporan keuangan dengan baik, perusahaan bisa saja gulung tikar. Bahkan memiliki utang yang banyak sehingga mau tidak mau harus melunasinya.

Agar masalah di atas tidak menimpa bisnis yang sedang Anda jalankan, perjelas masalah laporan keuangan. Dengan laporan keuangan bisnis yang baik, hal-hal di bawah ini bisa Anda dapatkan.

1. Melihat Kondisi Keuangan Secara Realtime

Salah satu manfaat dari laporan keuangan adalah melihat kondisi keuangan atau kas perusahaan secara realtime. Dengan selalu memantau kondisi keuangan yang ada, Anda bisa tahu apakah perusahaan sedang ada dalam kondisi prima atau tidak. Kalau perusahaan dalam kondisi stabil, Anda bisa melanjutkan bisnis dengan tenang. Namun, kalau merugi, Anda harus melihat apa penyebab kerugiannya.

2. Memudahkan Pengecekan Keuangan

Mengerjakan laporan keuangan bukanlah pekerjaan yang mudah. Bahkan beberapa orang sengaja mempekerjakan akuntan untuk menyelesaikan setiap permasalahan keuangan yang ada. Akuntan akan membuat laporan keuangan dengan detail sehingga memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan keuangan.

Kalau ada masalah dalam laporan, Anda bisa segera mengeceknya. Laporan keuangan biasanya berisi detail pengeluaran, pemasukan, utang, dan piutang. Lampiran dari laporan ini juga berisi nota atau faktur yang menjadi bukti sah transaksi. Dengan laporan keuangan yang rapi, masalah bisa segera dideteksi dan dicari jalan keluarnya.

4. Digunakan untuk Mengambil Keputusan

Data-data yang disajikan dalam laporan keuangan berguna untuk menganalisis performa perusahaan secara menyeluruh. Kalau dalam laporan keuangan didapatkan keuntungan yang cukup besar, performa perusahaan berjalan dengan lancar. Namun, kalau untungnya sedikit atau malah rugi, perusahaan sedang mengalami masalah.

Jika bisnis anda mempunyai data keuangan yang jelas, anda akan cepat mengambil keputusan untuk bisnis anda! Click To Tweet

Dengan menganalisis data dari laporan keuangan, Anda bisa membuat keputusan yang tepat untuk perusahaan. Kalau perusahaan mendapat untung besar, Anda bisa merencanakan membuka cabang baru atau menambah jumlah karyawan. Sementara itu kalau perusahaan merugi, Anda harus memecahkan masalahnya. Kerugian dalam bisnis tidak saja berhubungan dengan utang yang Anda miliki tapi juga tagihan yang tidak masuk ke kas karena lupa dicatat.

5. Memiliki Hitungan Pajak yang Benar

Sebagai warga negara yang baik, Anda harus taat pajak. Setiap tahun, pajak harus dibayarkan dengan hitungan yang benar. Untuk mendapatkan angka yang harus dibayarkan, Anda bisa melihatnya dari laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan atau tim admin di dalam perusahaan.

Selama ini, beberapa pengusaha selalu acuh dengan masalah perpajakan. Dampaknya, mereka menunggak banyak pajak dan hitungannya jadi rumit. Agar masalah pajak tidak membuat kinerja perusahaan jadi terhambat, perjelas laporan keuangan dan bayar sesuai dengan ketentuan.

Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi TheAkun yang memudahkan Anda dalam memasukkan transaksi dan membuat laporan. Segala bentuk aktivitas keuangan perusahaan bisa dimasukkan dengan mudah. Bahkan ketika mencetak laporan keuangan, Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

6. Melihat Pencapaian Bisnis

Pencapaian bisnis adalah hal penting yang harus didapatkan oleh seorang pengusaha. Kalau pencapaian bisnis tidak juga didapatkan dengan cepat, Anda harus mengecek laporan keuangannya. Kalau ada masalah, segera selesaikan agar pencapaian bisnis terlihat dengan jelas.

Dari indikator laporan keuangan ini, Anda bisa membuat kesimpulan apakah pencapaian bisnis 1 tahunan, 2 tahunan, atau 5 tahunan sudah sesuai target. Kalau belum, tingkatkan performa perusahaan atau mengubah strategi bisnis.

Inilah beberapa hal yang mendasari mengapa laporan keuangan itu harus jelas dan terarah. Kalau laporan keuangan bisnis tidak dikerjakan dengan baik, bisa dibayangkan masalah apa saja yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *